BKK SMK RUS KUDUS : Situs Universitas Terbaik Dan Terpercaya No 1

Inilah Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri – Menempuh pendidikan sampai tuntas bisa jadi merupakan impian semua orang. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah dalam menggapai cita-cita. Termasuk bekerja di tempat tertentu dengan profesi yang diimpikan. Tak heran ketika pendidikan menjadi salah satu yang paling penting. Namun di balik hal tersebut, tentu selalu ada kendala. Salah satu yang kerap menjadi hambatan adalah masalah ekonomi.Berikut adalah informasi selengkapnya dari bkksmkruskudus.

Pahami Diri Sendiri

Langkah utama dalam meraih beasiswa luar negeri adalah memahami diri sendiri. Hal ini penting untuk mengenal lebih dekat siapa diri kita.Mulai dengan menggali minat dan ketertarikan, tujuan hidup, serta hal yang kamu miliki, seperti kemampuan, pendidikan, pengalaman, dan koneksi.

Pilih Jurusan dan Universitas

Kemudian tentukan jurusan dan universitas yang ingin kau tekuni. Pada tahap ini, ada dua cara memilih jurusan maupun universitas impian, yakni mempertimbangkan alasan akademis dan nonakademis yang bersifat personal.Alasan akademis membutuhkan riset, salah satunya dengan cara melihat ranking universitas, ranking program studi, fasilitas kampus, serta yang paling penting, ketahui daftar universitas mana saja yang ditawarkan oleh beasiswa tujuan.

Menurut Parama, mendaftar universitas terlebih dahulu dapat mempermudah peluang raih beasiswa.”Misalnya ya, kamu daftar terus kamu diterima di Oxford. Nah, kamu tuh daftar LPDP (beasiswa dari pemerintah) lebih gampang gitu daripada kamu cari LPDP dulu, tapi tidak ada yang nerima kamu,” ungkapnya.

Riset lembaga penyedia beasiswa S1

Saat masih mengenyam bangku SMA, kamu mungkin menemukan beragam lembaga penyedia beasiswa S1 luar negeri, baik dari informasi guru, teman, orang tua, atau kamu mencarinya sendiri lewat internet.Melansir dari Goabroad, cara terbaik untuk mendapatkan beasiswa S1 di luar negeri adalah melakukan riset terlebih dahulu semua lembaga penyedia beasiswa yang kamu temui.Pelajari jenis beasiswa yang diberikan oleh lembaga penyedia beasiswa S1.Sebagai gambaran, lembaga beasiswa A menyediakan beasiswa untuk jurusan tertentu, seperti jurusan bahasa dan sastra Indonesia.Lalu, lembaga beasiswa B menyediakan beasiswa full untuk pesertanya, mulai dari biaya kuliah, uang saku, hingga akomodasi.

Baca Juga : Daftar Beasiswa Australia , Segera Daftarkan Dirimu !

Persiapkan surat rekomendasi

Cara selanjutnya yang harus dilakukan agar kamu mendapatkan beasiswa S1 di luar negeri adalah mempersiapkan surat rekomendasi.Surat rekomendasi dinilai memegang peranan penting dalam proses beasiswa. Sebab, surat tersebut berisi bahwa kamu layak untuk mendapatkan beasiswa dari lembaga penyedianya.Dilansir dari Dream Studies Abroad, usahakan untuk meminta referensi kepada guru, pelatih ekstrakurikuler, atau wali muridmu.Jika sudah memintanya, jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih, ya!

Merapikan CV dan Portofolio

Hal yang tidak kalah penting dari motivation letter adalah CV dan portofolio. Pastikan Anda membuat CV yang bukan hanya informatif namun juga menarik untuk dipertimbangkan oleh penyelenggara.Selain itu, menyiapkan portofolio terbaik juga menjadi salah satu cara dapat beasiswa keluar negeri yang paling ampuh. Hal ini karena penyelenggara akan mengutamakan pelajar yang paling kompeten.Khususnya pelajar yang memiliki pengalaman kerja atau organisasi dalam pendidikan sebelumnya. Kedua hal ini akan membuat semakin terlihat kompeten dan layak untuk mendapatkan beasiswa.

Exit mobile version